Turning 22 and a Bucket List (Indonesia)

21 August 2017, hari dimana saya akhirnya berumur 22!

Saya ingin membahas tentang bucket list saya dan apa yang sudah saya lakukan selama 22 tahun hidup di dunia yang menakjubkan dan sekaligus membingungkan ini!

Bucket List:

  1. Mandiri secara finansial,
  2. Bungee Jumping,
  3. Membawa Orangtua Saya Kemanapun yang Mereka Inginkan,
  4. Tinggal di Luar Negeri tanpa Keluarga Saya,
  5. Memakai Toga Kelulusan,
  6. Keliling Indonesia,
  7. Mendaki Gunung,
  8. Penerbangan Kelas Satu,
  9. Skydiving
  10. Menyelam di Kapal yang Karam.

1. Mandiri secara Finansial

theodesseyonline,com
Courtesy of theodesseyonline.com

Salah satu hal tersulit yang pernah dan masih saya lakukan adalah mengatur keuangan saya sendiri.

Saya pernah membaca buku tentang seorang perempuan dengan hidup yang normal, tiba-tiba dihajar oleh kehidupan hingga ke titik tergelap hidupnya, dan menjadi miliuner pada umur 26 tahun. Ceritanya yang memicu saya untuk menjadi miliuner juga, sama seperti dia.

Status saya masih sangat jauh dari kata “Mandiri secara Finansial”, tapi itu bukanlah hal yang mustahil.

2. Bungee Jumping

tripoto.com
courtesy of tripoto.com

Bungee Jumping sudah berada di dalam bucket list saya sejak saya masih di bangku SMA, mungkin 5 tahun yang lalu.

Saya pertama kali mengenal bungee jumping ketika sedang menonton game show korea, mereka berada di Shanghai Tower, dimana semua peserta diharuskan untuk melompat ke bawah guna menyelesaikan misi.

Ketika melihat beberapa dari peserta ketakutan dan menolak untuk melompat, saya, di dalam kamar, duduk di depan laptop, sangat takjub dengan betaka beruntungnya mereka. Mereka diberi kesempatan untuk melakukan sesuatu yang tidak semua orang bisa lakukan, untuk saya itu semua cukup mahal, untuk terbang ke Shanghai dan membayar semua pengeluaran ketika berada disana.

Saya masih belum dapat memastikan kapan, karena saya masih memiliki prioritas penting lainnya, tapi saya yakin saya akan melakukannya, mungkin di Shanghai Tower, atau di New Zealand, negara pencipta bungee jumping.

3. Membawa Orangtua Saya Kemanapun yang Mereka Inginkan

i-think-im-proudest-of-making-my-parents-proud-quote-1-e1503737545269.jpg
Courtesy of picturequotes.com

Siapa yang tidak ingin?

Mereka, terutama mama saya, selalu bercerita ke saya tentang kecintaan mereka terhadap negara Jepang dan saya ingin melakukan apa saja untuk membawa mereka kesana.

Sampai sekarang, saya masih seseorang yang tidak memiliki pekerjaan dan memiliki banyak harapan.

Segera setelah saya memiliki dana yang cukup, Jepang, negara manapun di dunia, tunggu kami!

4. Tinggal di Luar Negeri tanpa Keluarga Saya

homelifeabroad.com
Courtesy of homelifeabroad.com

Saya pernah tinggal di Malaysia selama 3 tahun untuk menempuh pendidikan universitas disana.

Yang dapat saya katakan hanyalah..

“Tinggal di luar negeri sendirian tidaklah se-mengerikan yang orang-orang bayangkan”

Tentu saja saya harus mengurus diri saya sendiri, tidak ada sarapan yang disediakan ketika saya bangun di pagi hari, saya harus belajar bahasa mereka, saya harus mencuci pakaian saya sendiri, dan menyelesaikan masalah saya sendiri.

Tapi itu adalah bagian terbaiknya, saya dapat merasakan sebuah perasaan bangga dan pencapaian selama 3 tahun tersebut.

Ketika saya tinggal bersama orangtua saya, saya merasakan rasa aman di dalam zona aman saya dengan semua kebutuhan saya sudah disediakan, dengan begitu, saya tidak akan mengetahui tentang kehidupan sebenarnya, saya akan merasa terlalu nyaman, dan melewatkan semua kesenangan dari dunia di luar sana, dimana semua kejutan menyenangkan terjadi.

Jika saya tidak melanjutkan pendidikan di luar negeri dan tinggal jauh dari orang tua saya, saya rasa saya tidak akan menjadi orang yang sama seperti sekarang ini.

Saya akan menjadi Ferry yang tidak tahu cara mencuci baju sendiri, Ferry yang tidak bisa mengatur waktu, dan Ferry tang tidak bisa mengurus diri sendiri dan sektarnya.

Jadi, bersyukurlah ketika kamu diberikan kesempatan untuk bersekolah di luar negeri, itu adalah hadiah yang paling indah yang pernah diberikan oleh orangtua saya kepada saya.

5. Memakai Toga Kelulusan

Gretchen Rubin
Courtesy of Gretchen Rubin

Soon!

14 October 2017 adalah hari dimana saya akan mengunakan toga kelulusan, hari dimana saya resmi mendapatkan gelar Bachelor of International Hospitality Management (Honours) dari Taylor’s University Malaysia.

6. Keliling Indonesia

This slideshow requires JavaScript.

Indonesia adalah negara dengan 34 provinsi dan 17504 pulau, juga dikenal dengan nama Kepulauan Indonesia.

Sebagai orang Indonesia, apakah kalian pernah mendengar tentang Trinity dari The Naked Traveler? Dia adalah seorang wanita dari Indonesia dan telah berkeliling ke hampir 34 provinsi di Indonesia dan 82 negara di dunia (26 Agustus 2017) dan angkanya masih akan tetap bertambah.

Trinity adalah orang dibalik keinginan saya untuk berkeliling Indonesia. Meskipun ada beberapa alasan bagi saya untuk membenci Indonesia, tapi ada berjuta-juta alsan bagi saya untuk mencintai Indonesia.

Jadi, pertanyaan terpentingm berapa provinsi yang sudah pernah saya kunjungi selama 22 tahun terakhir?

7… 7 dari 34 provinsi!

Sudah pasti saya membutuhkan lebih banyak waktu dan dana untuk mengunjungi semua 34 provinsi, tapi saya tidak akan berkata bahwa itu mustahil, kalau Trinity bisa, kenapa saya tidak?

7. Mendaki Gunung

IMG_6813
View from the top of Mount Batur

Gunung Batur menjadi gunung pernah yang pernah saya daki.

Berdiri di ketinggian 1717 meter, dengan pendakian selama 3 jam, dan banyak tertawaan ketika saya jatuh (berkali kali, tidak terluka) karena jalur yang sangat licin.

Pada dasarnya, berdasarkan penjelasan saya di atas, saya sudah pernah “mendaki gunung”,

Tapi, kenapa berhenti disana? Jadi, Saya akan menambah judul baru di dalam bucket list saya

“Merasakan Pengalaman Mendaki Gunung yang Sebenarnya”

Saya diharuskan untuk mendaki gunung dengan ketinggian lebih dari 3000 meter, membangun tenda, memasak makanan instan, mencapai puncak gunung, dan turun ke bawah dengan selamat!

8. Penerbangan Kelas Satu

Saya akan sangat terkejut jika Emirates Airlines menawarkan kursi kelas satu kepada saya.

Saya pernah bepergian menggunakan Emirates Airlines dua kali sebelumnya (tentu saja kelas Ekonomi) untuk penerbangan ke Amsterdam dan Paris di tahun 2015 dan 2016.

Kabin kelas satu Emirates Airline sangat populer di kalangan “tukang jalan-jalan” dan banyak orang telah mendokumentasikan pengalaman mereka di kabin mewah tersebut, yang pasti juga akan saya lakukan suatu hari nanti.

9. Skydiving

amazingpict.com
Courtesy of amazingpict.com

Olah-raga ekstrem lainnya di dalam bucket list saya!

Beberapa minggu yang lalu saya melihat sebuah video di Facebook, seorang perempuan diharuskan untuk menyelesaikan bucket list-nya dalam satu minggu, dan…

Skydiving ada di dalam bucket list-nya!

Dia sangat beruntung, bekerja di sebuah perusahaan media internet terkenal, dan project video yang dia lakukan dibiayai oleh perusahaannya. Inilah mengapa kita harus selalu mengambil kesempatan yang ada, ketika hal tersebut tidak berjalan sesuai rencana, maka itu adalah pelajaran. Jika hal tersebut berjalan sesuai dengan apa yang kita inginkan, maka itu adalah berkah.

Apa yang baru saya sadari adalah bahwa program skydiving juga tersedia di Indonesia. Sangat ingin untuk mencoba, tapi tetap harus menunggu sampai dana yang terkumpul cukup.

10. Menyelam di Kapal yang Karam

Terakhir, olah-raga lainnya yang juga extrem!

Saya dengar di Bali ada sebuah kapal karam Amerika bekas perang, berlokasi di Tulamben, Bali, sebuah tempat diving dengan kapal karam yang sangat mudah untuk penyelam pemula.

Saya belum pernah menyelam selama hidup saya, yang berarti Tulamben akan menjadi tempat yang cocok untuk memulai perjalanan menyelam saya.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s