Nusa Penida: a Beginner’s Guide (Indonesia)

Nusa Penida adalah pulau terbesar dari 3 pulau yang terletak di tenggara pulau Bali, bagian dari tempat pariwisata Indonesia dengan banyak sekali surga yang tersembunyi.

Saya sudah pernah dating mengunjungi Nusa Penida dua kali, pertama kali dengan pertualangan yang sangat seru, dan kedua kali sebagai turis biasa yang menyamar menjadi guide.

Ada piliihan seperti truk dan sepeda motor untuk mengelilingi Nusa Penida. Kamu juga dapat menemukan jasa penyewaan mobil, meskipun sangat jarang dan sangat tidak di anjurkan karena kondisi jalan yang sangat rusak terutama jalan menuju lokasi yang indah di Nusa Penida.

Where TO GO:

  1. Crystal Bay

IMG_7534

Crystal Bay adalah pantai dengan pasir yang putih, yang memiliki banyak sekali temapt untuk snorkeling. Carilah guide lokal disana untuk mengunjungi lokasi-lokasi snorkeling  dengan menggunakan boat.

Lokasi snorkeling yang paling popular di Crystal Bay adalah patung Buddha yang berada di dasar laut. Patung Buddha itu sendiri sengaja ditenggelamkan untuk kepentingan pariwisata. Tapi, ketika saya mengunjungi lokasi tersebut, patung tersebut malah ditutupi dengan kain putih, membuat lokasi snorkeling menjadi sedikit seram dengan patung besar yang terbalut kain. Ketika saya bertanya kepada guide tentang hal tersebut, dia bilang bahwa pemilik dari patung tersebut yang sengaja menutupinya untuk menjaga kondisi patung, dikarenakan saya pergi disaat musim pengunjung yang sedang rendah (Desember 2016).

liburansari.com
Sumber dari liburansari.com

Tetap saja, itu adalah pengalaman yang amat seru, snorkeling sambal melihat patung besar yang dibungkus kain di dasar laut.

pinterestss.jpg
Sumber dari Pinterest.com
  1. Pantai Kelingking

IMG_7530

Dinamakan Kelingking karena bentuknya yang mirip dengan jari kelingking, tempat ini sangat terkenal dengan fotonya yang sering terlihat di Instagram.

Ada pantai yang sangat bagus di bawah tebing yang dapat di kunjungi dengan menuruni tangga kecil di sepanjang tebing. Kamu juga dapat berfoto di atas Pohon Cinta, terletak di lokasi yang sama dengan Pantai Kelingking

IMG_7531

Berhati-hatilah ketika menuruni tangga ke bawah tebing, keamanan di area sekitar tidak di jamin.

journeyera-com.jpg
Sumber dari Journeyera.com
  1. Pasih Uug (Broken Beach) dan Angel Billabong
IMG_7536
Pasih Uug a.k.a Broken Beach

Pasih Uug dan Angel Billabong terletak di lokasi yang berdekatan. Tempat pertama yang akan terlihat adalah Broken Beach atau Pantai Rusak, dulunya merupakan sebuah goa yang atapnya runtuh dari masa ke masa, sekarang kamu tahu kenapa dinamakan “Rusak” (Broken).

IMG_7528
Angel Billabong

img_3586-e1504865803623.jpg

Angel Billabong adalah infinity pool alami, yang akan sangat berbahaya kalau anda tidak berhati-hati. Untuk pergi ke Angel Billabong, anda harus berjalan sekitar 200 meter dengan mengikuti petunjuk jalan.

courtesy-of-salt-in-our-hair.jpg
Sumber dari Salt in our Hair
Courtesy of Lady Pinem
Ketika ombak besar datang menghantam, selalu berhati-hati! Sumber dari Lady Pinem

Berhati-hatilah ketika berenang di kolam renang alaminya, banyak turis yang hilang di daerah ini dikarenakan ombak besar yang datang secara tiba-tiba, yang kadang-kadang akan menghantam area tersebut dan beresiko dapat mertarik orang-orang ke laut di bawah.

  1. Atuh Beach

IMG_7535

mirip dengan Raja Ampat di Papua, Pantai Atuh adalah salah satu dari pantai dengan tebing batu kapur yang tinggi di Nusa Penida. Anda harus meletakkan sepeda motor di tempat parkir yang tersedia dan berjalan sekitar 10 menit untuk menuju area tersebut. Kamu akan sampai di salah satu tebingnya dan ada sebuah rumah pohon disana yang dapat menjadi tempat foto yang sangat bagus.

193312
Rumah Pohon di Pantai Atuh. Sumber dari  Instagram: @nerrisa

Ada sebuah pantai yang sangat indah dan sangat sulit untuk di jangkau bernama Volcom dengan pemandangan puncak dan air yang sangat jernih. Bahkan dari ketinggian di atas tebing, anda masih dapat melihat karang di bawah dan kalau anda beruntung, anda daoat melihat kura-kura dan ikan pari.

heriand.com
Pantai Volcom, Sumber Heriand.com

Carilah tangga untuk menuju ke pantai di bawah, pantai yang tidak dihuni oleh siapapun untuk berenang di air yang sangat jernih.

Pro Tips:

  1. Hanya menerima TUNAI! Ingatlah untuk membawa uang tunai lebih ke pulau ini dikarenakan jumlah mesin ATM yang sangat sedikit dan terletak di lokasi yang sangat jauh dari tempat-tempat yang akan dikunjungi.
  2. Kalau anda menggunakan sepeda motor, ingatlah untuk mengisi tangki sepeda motor sampai penuh kapanpun anda melihat tempat pengisian bensin, kamu juga dapat membeli bensin dari warga setempat yang harganya relatif lebih mahal.
  3. Untuk pertualangan yang seru, menginaplah selama sehari di Nusa Penida, karena anda tidak akan dapat menikmati semua tempat wisata disana kalau anda memaksakan diri untuk mengunjungi semuanya dalam 1 hari.
  4. Tersedia juga paket tour untuk perjalanan selama sehari di Nusa Penida dengan guide lokal dari pulau Bali, cobalah untuk bertanya dari informasi turis Bali disekitarmu.
Advertisements

4 thoughts on “Nusa Penida: a Beginner’s Guide (Indonesia)”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s