Box of Dessert: The Short and Continuous Journey (Indonesia)

Berbasis di Medan, Indonesia, Box of Dessert adalah sebuah bisnis dessert berbasis online, sudah beroperasi selama hampir 3 bulan dan akhirnya di tutup untuk sementara.

Di buka secara resmi pada tanggal 21 April 2017, dan di tutup untuk sementara pada tanggal 24 July 2017.

Tidak ada yang tahu kenapa Box of Dessert tiba-tiba muncul untuk berkompetisi di bisnis dessert di Medan.

Box of Dessert direncanakan akan di buka sebagai sebuah toko pada bulan Januari, berbulan-bulan sebelum toko online resmi dibuka, tapi ide tersebut malah dilupakan dengan alasan bahwa membuka toko tersebut akan memakan dana dan waktu yang banyak untuk mengatur semua keperluan yang dibutuhkan.

Pembukaan toko online-nya juga cukup mendadak, tidak ada rencana, tidak ada ide dimana harus membeli bahan-bahan, dan itu hanyalah kali kedua aku membuat brownies.

semuanya bermula ketika saya bertanya kepada seorang teman untuk saran tentang bagaimana cara membuka sebuah bisnis dessert, ketika sedang menjelaskan tentang rencana saya, teman saya malah menawarkan diri untuk menjadi pelanggan pertama dan memesan brownies saya.

Produk saya satu-satunya adalah chocolate fudge brownie, dengan tambahan 3 rasa baru sebulan kemudian.

This slideshow requires JavaScript.

Pelanggan pertama yang memesan brownies saya, malah menjadi pelanggan pertama yang membatalkan pesanannya.

Pembatalan yang dilakukan oleh pelanggan pertama saya menjadi pelajaran yang sangat berharga untuk saya, peraturan pertama dalam bisnis online ternyata sangat penting, jangan memulai produksi kalau pesanan tersebut belum di bayar, setidaknya setengah dari harga pesanan.

Karena pelanggan pertama saya membatalkan pesanannya, saya pun mulai mencari dan seorang teman saya pun menjadi pelanggan kedua saya.

img_5389.jpg

Tidak disangka bahwa bisnis ini dapat berjalan selama hampir 3 bulan, perkiraan saya toko ini hanyalah akan bertahan selama 1 hari, karena saya tidak memiliki niat apapun untuk memulai bisnis online, dan saya lebih memilih untuk membuka toko pastry kalau bisa.

Setelah saya sukses menjual 1 kotak brownies pertama ke pelanggan kedua saya, sepupu saya kebetulan datang berkunjung dan tertarik dengan wangi brownies saya, sepupu saya pun menjadi pelanggan ketiga saya.

Di hari ketiga, informasi tentang brownies saya pun tersebar di sosmed, dan banyak teman saya mulai memesan brownies saya.

2 May 2017 ditandai sebagai dibukanya Box of Dessert sebagai online shop yang permanen dan saya mulai melakukan riset tentang hal-hal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis online.

Kotak simple putih pun diputuskan untuk menjadi packaging brownies dengan stiker logo hitam putih.

IMG_5741

Sejujurnya, saya pernah mencoba untuk mengganti resepnya beberapa kali, untuk membuat biaya produksi menjadi lebih murah karena harga bahan-bahan yang terbilang cukup mahal, disaat ini pun saya disadarkan dengan kata-kata “ada harga ada kualitas”,

Bahan-bahan yang lebih murah malah mengubah rasa dan aroma brownies saya, yang akhirnya tidak jadi saya jual.

Saya pun kembali menggunakan resep asli dan bahan-bahan yang awalnya saya gunakan, dengan harga bahan-bahan yang sedikit lebih mahal agar para pelanggan saya dapat merasakan brownies yang enak.

Yang cukup mengagetkan adalah 1 kotak brownies membutuhkan sekitar 1.5 jam untuk diselesaikan, dan saya pernah membuat 8 kotak brownies dalam sehari.

unnamed

8 kotak brownies harus diselesaikan dalam sehair.8 boxes of brownie needed to be done in a day

Sistem kerja saya adalah saya selalu memanggang brownies di pagi hari dan selalu berpegang teguh kepada motto “fresh from the oven”, bukan “buat 1 hari sebelumnya dan mengklaim brownies fresh”, kecuali keadaan pelanggan yang memaksa saya untuk melanggar peraturan saya sendiri.

8 kotak dikali 1.5 jam berarti 12 jam produksi dalam sehari. Saya masih ingat, saya memulainya pada pukul 3 pagi dan berhasil diselesaikan pada pukul 3 siang, terima kasih banyak untuk mama saya yang membantu membersihkan kekacauan yang saya buat.

dan sekarang untuk info paling penting!

Alasan utama saya menulis artikel ini adalah untuk memberitahu kalian semua tentang penguguman yang sudah lama di tunggu…

Handsome!-2.png

Box of Dessert akan kembali BUKA pada tanggal 14 September 2017!

Order brownies mu sekarang dan gratis pengiriman untuk daerah Medan dari tanggal 14 September sampai 16 September sebagai hadiah pembukaan kembali untuk para pecinta brownies di Medan!

dengan ukuran 20 cm x 20 cm.

  • Chocolate Fudge Brownies: IDR 120,000 (16 pcs or 25 pcs)*
  • Ovomaltine Brownies: IDR 150,000 (16 pcs or 25 pcs)*
  • Nutella Brownies: IDR 150,000 (16 or 25 pcs)*
  • Salted Caramel Brownies: IDR 150,000 (16 or 25 pcs)*
  • Assorted Brownies (dapat mencampur toping apapun dalam 1 kotak): IDR 150,000 (25 pcs)*

*  = Jumlah potongan di dalam kotak berukuran 20cm x 20cm.

Klik Box of Dessert untuk info pemesanan!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s