Nusa Lembongan and Nusa Penida: An Unexpected Trip (Indonesia)

Baru-baru ini saya pindah ke tempat teman saya, Yani, di daerah Jimbaran, Bali, semuanya terasa normal malam itu, sampai saat sepupunya datang berkunjung.

Sepupu teman saya (panggil saja Wen) adalah seorang guide berbahasa mandarin dan sudah berbasis lama di Bali.

Hanya sebuah kunjungan biasa, berbincang-bincang tentang hal-hal biasa, dan ajakan untuk makan tengah malam.

Wen bercerita kalau besok, dia akan membawa grup turis untuk mengunjungi Nusa Lembongan dan Nusa Penida untuk tour seharian, dan tiba-tiba dia bilang “kalian ikut saya aja, pasti seru”.

Saya pun berfikir, wah, gak mungkin di tolak dong, jarang-jarang kan dapat trip gratis , include guide pula!

Kami pun memutuskan untuk bergabung dan pertualangan pun di mulai.

Wen memutuskan bahwa kami harus menginap di rumahnya malam itu, karena pelabuhan kapal sangat dekat dengan rumahnya, dan setelah itu, kami pun mulai bergegas untuk mengumpulkan barang-barang yang kami perlukan, pergi makan, dan langsung menuju ke rumahnya untuk menginap.

Esok paginya, kami bangun sekitar pukul 8 pagi dan pada pukul 9 pagi, bus yang akan membawa kami menuju pelabuhan pun datang.

IMG_7497

Ingat, Wen adalah seorang guide, dia bertanggung jawab untuk menemani 42 turis dari China untuk mengujunjungi kedua pulau tersebut, jadi kami pun harus bisa untuk menjaga diri kami sendiri karena Wen sendiri sangat sibuk dengan tamunya.

Kami pun menggunakan speedboat sekitar 30 menit menuju Nusa Lembongan, sebuah pulau kecil yang terletak di tenggara pulau Bali.

IMG_7498

Nusa Lembongan termasuk ramah pengunjung dengan semua fasilitas dan hotel yang tersedia, berbeda dengan Nusa Penida yang masih cukup alami dengan pemandangan yang luar biasa, dengan lebih sedikit hotel dan tempat wisata yang masih belum dikelola dengan sempurna, saya masih lebih menyukai Nusa Penida.

Sesampainya di Nusa Lembongan, kami pun dipindahkan ke sebuah truk, yang bagian belakangnya sudah di modifikasi dan ditambahkan tempat duduk sehingga sekitar 10 orang dapat duduk dengan nyaman, kami pun menuju ke Blue Lagoon sekitar 10 menit dengan menggunakan truk.

IMG_7494

Truk yang sudah di modifikasi

IMG_7489

Blue Lagoon di Nusa Lembongan

IMG_7485

Orang-orang yang tertarik untuk melompat dari tebing dapat melakukannya di Blue Lagoon, dengan ketinggian sekitar 14 meter, dan tentu saja lokasi untuk melompat sudah ditentukan oleh otoritas setempat sehingga cukup aman.

Pinterest

Lompat Tebing, Sumber dari Pinterest.com

Youtube

Lompat Tebing, Sumber dari youtube.com

Setelah sekitar setengah jam berfoto dan menikmati pemandangan, kami pun kembali ke speedboat dan dengan sekitar 20 menit perjalanan, kami pun sampai di Nusa Penida, sebuah pulau yang lebih besar terletak di tenggara pulau Nusa Lembangan.

Kami pun dibawa ke sebuah resort bernama Caspla Beach Hotel, dimana kami menghabiskan sisa perjalanan dengan snorkeling dan olahraga air lainnya.

IMG_7484

Caspla Beach Hotel di Nusa Penida

IMG_7483

IMG_7455

IMG_7481

Teman saya, Yani, yang baru-baru ini pindah ke Jimbaran.

Pro tip: Kami datang ke resort ini karena semuanya merupakan bagian dari paket tour. Ada banyak sekali tempat yang menakjubkan di Nusa Penida, kamu dapat membacanya dari artikel saya sebelumnya disini!

Area snorkelingnya cukup bagus, dengan air yang sangat jernih, dan ikan yang sangat banyak di dalam air. Masalah satu-satunya mungkin dikarenakan terlalu banyaknya turis yang mengunjungi lokasi tersebut.

IMG_7482Sekitar pukul 4 sore, kami pun menaiki speedboat dan kembali ke Sanur, Bali, dan perjalanan hari itu /pun berakhir.

Perjalanan seru yang tidak terduga!

 

Advertisements