Wonderful Indonesia: Samosir Island Pt. 1 (Bahasa Indonesia)

Samosir Island part 1 dalam Bahasa Indonesia! Selamat membaca!

Di hari Kamis yang cukup ‘normal’, abang saya tiba-tiba mengajak saya untuk mengunjungi Pulau Samosir bersama teman-temannya selama 2 malam, kalian pasti tahu apa jawaban saya? Cabut!

Saya tidak begitu ikut campur untuk mengatur perjalanan ini, yang saya tahu hanyalah teman baik abang saya yang sudah lama pindah ke Filipina, kembali untuk berlibur di Medan, Indonesia selama beberapa hari, dan mereka ingin pergi untuk berkendara mengeliling Pulau Samosir.

Apa yang spesial dari Pulau Samosir? Fakta menarik, suhu rata-rata di pulau ini bervariasi dari 22ºC di siang hari hingga 14ºC di malam hari, pulau ini sendiri terletak di tengah-tengah danau terbesar di Indonesia, dan danau vulkanik terbesar di dunia, yang bernama Danau Toba.

Sumber dari Explore Indonesia

Rencananya, kami akan berangkat menggunakan mobil dari Medan pukul 5 pagi, berhenti di Kota Siantar untuk menyantap sarapan, sampai di pelabuhan ferry pukul 11:30 pagi untuk menyebrang ke Pulau Samosir, dan menikmati liburan selama disana.

Rencananya sudah berantakan di awal perjalanan…

Kami memulainya dengan sangat mulus, berangkat pada pukul 5 pagi, diikuti dengan jalan tol baru yang bikin bingung, perjaanan kami pun menjadi telat 1 jam. Tol yang saya maksud adalah jalan tol baru yang bernama Tol Trans Sumatera, yang akan menghubungkan kota-kota besar di Pulau Sumatera. Setelah kami berhasil menemukan pintu masuk yang benar, kami pun melanjutkan perjalanan ke Kota Siantar untuk kegiatan pertama kami, sarapan.

IMG-8637
Pemandangan dari jalan tol.

Setelah selesai sarapan, kami pun melanjutkan perjalanan ke Parapat, kota yang terletak di sisi ujung danau Toba, yang merupakan tempat utama untuk pengunjung yang akan menyebrang ke Pulau Samosir. Terdapat 2 macam ferry disana, Ferry Penumpang dan Ferry Kendaraan.

1. Ferry penumpang biasanya digunakan oleh orang-orang yang tidak ingin membawa kendaraan mereka ke pulau Samosir. Dengan hanya 15,000 rupiah, kapal ferry akan membawa penumpang untuk diturunkan langsung ke penginapan yang terletak di tepi danau Toba. Jika kamu memilih untuk tidak membawa kendaraan, ada banyak sekali tempat penyewaan kendaraan di pulau Samosir, dengan harga sekitar 100,000 rupiah per hari. Jadwal ferry penumpang sendiri sangat fleksibel dan tersedia setiap 1 jam. (Cek jadwalnya disini!)
  2. Ferry kendaraan biasanya berbentuk lebih besar untuk memuat kendaraan seperti mobil dan sepeda motor, untuk orang-orang yang ingin berkendara sambil mengelilingi pulau Samosir dan ingin kembali ke pulau Sumatera melalui jalan darat. Dengan biaya sekitar 120,000 per mobil dan 15,000 per orang termasuk asuransi, ini jelas pilihan paling oke jika kamu ingin tahu lebih banyak tentang sisi lain pulau Samosir. Ferry kendaraan sendiri tersedia setiap 3 jam sekali. (Cek jadwalnya disini!)

Karena kami ingin membawa kendaraan untuk menyeberang, kami harus sampai di pelabuhan pukul 11.30 pagi sesuai jadwal kapal. Tapi sialnya karena kami telat 1 jam di awal perjalanan, kapal ferry pun sudah meninggalkan pelabuhan. Sesuai jadwalnya, kami harus menunggu sampai pukul 2.30 siang untuk kapal selanjutnya.

Tempat duduk penumpang untuk ferry kendaraan.

Setelah kami berhasil naik ke kapal, kami pun melanjutkan perjalanan selama 1 jam menuju pelabuhan Tomok, terletak di pulau Samosir.

IMG-8679
Tomok Ferry Harbour, look at that view

Kegiatan kami di hari pertama cuma leyeh-leyeh di tepi kolam renang si penginapan kami, Samosir Cottage, terletak di tepi danau Toba.

DSCF3130DSCF3131DSCF3133

Kami menempati kamar ‘Suite Room’ dengan 1 ranjang tipe ‘queen’ dan 1 ranjang tipe ‘single’, dengan harga sekitar 600,000 rupiah per malam termasuk sarapan untuk 3 orang.

Penasaran dengan perjalanan saya keesokan harinya? Bagian 2 Bahasa Indonesia coming soon!