Touchdown, Surabaya (Bahasa Indonesia)

Setelah turun dari perjalanan kereta api selama kurang lebih 5 jam dari Yogyakarta – Surabaya, saya pun sampai di provinsi ke 8 dalam daftar perjalanan saya, Jawa Timur, dengan ibu kotanya Surabaya. 

Kota Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah DKI Jakarta. Kota Surabaya sendiri tertata cukup rapi dan hijau dengan adanya kebijakan dari walikota Tri Rismaharini, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Bu Risma, yang merupakan Walikota Wanita pertama di Surabaya, dan pernah mendapatkan penghargaan sebagai Walikota Terbaik  ke-3 di Dunia pada tahun 2014.

Sesampainya di Surabaya pukul 06:30 pagi di Stasiun Gubeng, saya pun langsung menuju ke My Studio Hotel, yang terletak cukup dekat dengan stasiun gubeng, hanya perlu berjalan selama 5 menit. Meskipun judulnya “Hotel”, tapi tempat ini lebih tepat disebut dengan “Hostel”. Ho(s)tel ini memiliki interior yang minimalis dan terasa sangat nyaman dengan resepsionis yang berjaga selama 24 jam.

Dengan badan yang cukup lelah dan kurang tidur, sesampainya di meja resepsionis untuk check-in, saya yang masih setengah sadar langsung diberitahu bahwa waktu check-in di hotel tersebut adalah pukul 1 siang,

DARRR! Harus nunggu sekitar 6 jam lagi?

Karena tidak bisa meluruskan badan di kasur, saya memutuskan untuk berkeliling kota saja. Saya pun bertanya tentang pemakaian kamar mandi karena saya sangat ingin mandi sebelum memulai berkeliling kota Surabaya, sang resepsionis bilang bahwa hanya ada toilet dan wastafel yang tersedia dan tidak dapat digunakan untuk mandi,

DARRR! lagi,

Saya pun mulai mengambil sikat gigi, odol dan face-wash dari dalam tas, karena hanya barang-barang tersebut yang dapat dipakai dalam kondisi seperti ini. Meskipun begitu, mereka mempersilahkan saya untuk meletakkan barang bawaan kalau saya ingin keluar untuk berkeliling Surabaya selagi menunggu jam check-in.

Nyesek sih, keliling kota dengan cuaca yang dipastikan terik banget dan ga mandi, tapi tetap jalan aja, toh nanti selesai keliling kota bisa langsung check-in, mandi, dan tidur.

Selesai berganti baju dan cuci muka, dimulai deh eksplorasi kota Surabaya. Ada yang bisa menebak lokasi pariwisata yang pertama kali saya kunjungi di Surabaya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.