Surabaya: Tur keliling Museum + Transportasi hanya seharga Rp 7.500 (Bahasa Indonesia)

Surabaya merupakan kota kedua terbesar di Indonesia, oleh karena itu, sangat penting bagi Surabaya memiliki tur kota yang mudah dan informatif untuk turis lokal dan mancanegara untuk mengenal Surabaya lebih jauh. Pemerintah kota memperkenalkan program “Surabaya Shopping and Culinary Track” sebagai sebuah program pelayanan publik. Sebenarnya ini adalah pengalaman pertama saya mengikuti tur dengan bus untuk berkeliling museum di Indonesia. Saya yang aslinya bukan penggemar berat museum dengan nekatnya mengikuti tur ke berbagai macam museum di Surabaya. Tapi setelah selesai dengan tur ini, gak nyesal deh pokoknya, dan worth it banget dengan harganya yang sangat terjangkau!

HOW TO JOIN THE TOUR

Saya sempat mencoba untuk memesan tur ini dengan menelepon langsung ke Surabaya Tourism Information Centre (STIC), tapi ternyata pemesanan via telepon tidak dapat di proses karena sistem pendaftaran mereka masih manual, alias harus langsung datang ke kantor untuk membeli tiket. Bisa juga meminta tolong ke statt hotel/hostel tempat kamu menginap untuk membantu memesan tiket SSTC sebelum kedatangan kamu ke Surabaya karena bisa dijamin tur tersebut akan penuh setiap akhir pekan dan saat musim liburan sekolah, tapi tur tersebut cukup sepi di hari biasa.

DSCF3675
Papan penanda STIC di Balai Pemuda

Kantornya terletak di Balai Pemuda. Setelah kamu sampai di Balai Pemuda, ikuti saja papan petunjuk di dalam komplek untuk menuju ke kantor STIC untuk membeli tiket tur secara langsung seharga Rp 7.500/tiket/orang. Tiket masuk untuk museum hampir semuanya gratis, karena ada beberapa museum yang mengenakan biaya masuk seharga Rp 5.000 per orang. Total saya menghabiskan sekitar Rp 17.500 selama tur, karena ada 2 museum yang mengenakan biaya masuk.

DSCF3769
Tiket yang saya beli untuk tur

IS THERE ANY SCHEDULE FOR THE TOUR?

Tur ini hanya tersedia untuk hari Selasa, Sabtu dan Minggu setiap minggunya, yang dijadwalkan dari jam 9 pagi sampai jam 2 sore (total 5 jam) dengan 20 kursi tersedia per sesi

DSCF3677
Bus ini dilengkapi dengan AC, jadi gak usah takut panas ya!

Rute bus ini juga berbeda tiap minggunya. Saya sendiri mendapatkan rute untuk minggu pertama, yang mengcover Balai Pemuda – Balai Kota Surabaya – Museum Surabaya – Museum 10 Nopember/Museum Tugu Pahlawan – Museum Kesehatan – Museum Bank Indonesia – Jembatan Merah Plaza – Balai Pemuda. Cek rute tiap minggu di sini!

Lokasi keberangkatannya terletai di Balai Pemuda. Saya sampai disana sekitar pukul 8 pagi, dan berdasarkan infonya, tur akan berangkat pukul 9 tepat. Saya bergabung dengan sekumpulan anak-anak dari sekolah dasar (SD) di Surabaya karena saat itu hanya kami yang mendaftar untuk tur, total 9 orang termasuk saya. Tur pun di mulai dari Balai Pemuda menuju ke lokasi pertama, Balai Kota Surabaya.

P.s: Kamu bisa turun dimanapun dan kapanpun kalau kamu merasa mengelilingi museum-museum di Surabaya selama 5 jam terlalu membosankan. Tapi berdasarkan pengalaman saya sih sama sekali gak bosan karena informasi yang di dapatkan dari tur tersebut sangat menarik!

Penasaran dengan tur saya berkeliling museum di Surabaya? Coming soon!

With burning curiosity,

Ferry William

Instagram: @ferry_william

Facebook: Ferry William

Twitter: @ferrywilliam

Email: ferrywilliamm@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s