Mount Bromo and Catching a Sunrise (Bahasa Indonesia)

Gunung Bromo adalah sebuah gunung api aktif yang terletak di Jawa Timur, Indonesia. Dengan ketinggian 2329 meter, gunung api ini terakhir kali erupsi pada tahun 2015 dan masih aktif hingga sekarang. Gunung Bromo sendiri merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, sebuah wilayah yang sangat luas dengan 2 gunung api aktif (Gunung Bromo dan Gunung Semeru) yang terletak di dalam kawah sebuah gunung api kuno (Tengger), dan dikelilingi oleh lautan pasir, lokasi dengan pengunjung terbanyak di Jawa Timur.

Lanjutan dari postingan sebelumnya. Semua tur yang menuju ke gunung bromo harus berhenti di sebuah mini market khusus perhentian tur, jadi bakalan ada banyak banget orang-orang yang mengantri di toilet dan kasir. Ketika gue sedang mengantri di kasir, ada seorang ibu-ibu yang datang ke gue dan bertanya tentang harga tur yang gue bayar. Gue jawab aja kalau harganya sekitar  Rp 300.000,- per orang, dan ibu-ibu tersebut pun langsung memasang muka terkejut, soalnya dia disarankan oleh hotel untuk mengambil paket dari tur lain seharga Rp 500.000,- per orang. Jangan lupa research ya sebelum berangkat!

Kami sampai di Gunung Penanjakan pada pukul 4.30 pagi, tempat terletaknya “sunrise point“, dimana matahari akan terbit pada pukul 6 pagi. Berdiri setinggi 2770 meter, dari pintu masuk ke sunrise point, kami harus mendaki sekitar 15 menit untuk mencapai sunrise pointnya. Ada banyak sekali warung makan, toko souvenir, dan toilet yang terletak di area tersebut. Kalau ada yang lupa membawa sarung tangan atau jaket, bisa dibeli disana, tapi bisa di pastikan bahwa harganya akan jauh lebih dari mahal dari yang di jual di kota.

Gue saranin lebih baik untuk langsung menuju ke puncak gunung penanjakan, karena di puncaknya bakalan ada beberapa tempat duduk yang dikhususkan untuk pengunjung duduk sambil menunggu matahari terbit. Gue dan teman-teman malah langsung naik ke puncak dan hanya bisa memandang orang-orang yang sedang menyantap mie rebus dan gorengan di warung sekitar jalan, karena bisa dipastikan tempat duduk di puncak akan sangat penuh dan akan sulit untuk mendapatkan spot matahari terbit yang bagus. Kalau memang lapar banget tapi gak mau ngelewatin matahari terbit, setelah sampai di puncak dan mendapatkan tempat yang cukup bagus, kamu bisa meminta teman-teman untuk menjaga tempat selagi kamu turun ke bawah untuk membeli gorengan atau makanan lainnya. Ga usah takut jauh kok, jarak puncak ke warung di bawah palingan cuma 5 menit.

DSCF3972
Para pencari matahari terbit

Ingat, puncak tempat melihat matahari terbit bakalan penuh banget, jadi kalau kami ingin membuat video time-lapse, vlog, atau dokumentasi untuk instagram, harus langsung mengambil duduk terdepan atau tempat duduk yang paling belakang. Tempat duduknya sendiri mirip dengan tempat duduk bioskop, dimana baris terdepan dengan posisi terendah, baris paling belakang dengan posisi tertinggi, dan bertingkat-tingkat. Opsi lain adalah dengan berdiri di pagar pembatas di baris terdepan, siap-siap dimarahin sama orang-orang disana karena sudah menutup view mereka, tapi sebagai gantinya, kamu bakalan ngedapetin view yang bagus banget. Silahkan tentukan sendiri!

DSCF3974
Gunung di posisi terdepan merupakan Gunung Batok, sedangkan Gunung Bromo berada dibelakangnya, tertutup lautan awan.

Sekitar pukul 5.40 pagi, matahari pun pelan-pelan mulai terbit dan terlihat sangat jelas gradasi warna langit yang berubah dari hitam pekat, menjadi merah, lalu orange dan biru. Karena saat itu ada banyak sekali turis yang datang berkunjung, guide kami menganjurkan untuk kembali ke jeep pukul 6.15 untuk melanjutkan perjalanan ke lokasi selanjutnya agar terhindar dari macet (gunung juga bisa macet bos). Nah sekarang kalau sudah melihat matahari terbit, kira-kira apa lokasi selanjutnya?

With burning curiosity,

Ferry William

Instagram: @ferry_william

Facebook: Ferry William

Twitter: @ferrywilliam

Email: ferrywilliamm@gmail.com

One thought on “Mount Bromo and Catching a Sunrise (Bahasa Indonesia)”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s