Rekomendasi 4 Tempat Nulis Favorit di Medan!

Gue orangnya gak bisa kerja dari rumah karena bawaannya pengen santai mulu dan karena suasana rumah yang nyaman banget bikin otak malah buntu untuk mikirin kerjaan. Jadi gue lebih prefer untuk cari cafe untuk baca buku, nulis blog atau sekedar cari inspirasi baru, baik itu untuk konten blog ataupun untuk bisnis brownie yang sedang gue kelola. Hampir setiap hari gue ke cafe buat nulis, dan hampir tiap hari juga gue ganti-ganti cafe karena ingin nemuin tempat baru buat dijadiin tempat nulis. Setelah beberapa kali mengunjungi cafe-cafe di medan, ada cafe yang bikin gue jadi sayang dan beberapa malah gue tinggalin karena beberapa faktor penentu yang penting. Faktor-faktor penentunya simple banget, 

  • Wifi bisa di andalkan, yakali kalau harus connect ke hotspot sendiri?
  • Harus ada saklar untuk colokan charger, penting banget apalagi kalau kerjaannya semua di dalam laptop,
  • Cafe gak terlalu packed dengan orang-orang, karena kalau rame banget malah gak bisa fokus,
  • Harganya cukup terjangkau, karena bisa dipastikan gue bakalan sering banget ke cafe buat nulis, kalau makanan dan minuman mahal, pendapatan bulanan gue yang ga seberapa malah keburu ludes.

Daftar di bawah ga berurutan ya!

Starbucks Coffee (Sebelah Lippo Plaza)

(Photo source from @hachibayenri ‘s Instagram)

Kalau untuk nulis sih Starbucks satu ini juara. Tempatnya nyaman banget dan cukup luas dengan interiornya yang cukup kece, jadi inspirasi juga dijamin lancar banget. Sejauh ini sih gue ngeliat banyak mahasiswa yang suka ngerjain tugas bareng disini. 

Kalian pasti bertanya-tanya, “Loh, kok Starbucks? Kan mahal banget disana?”. Mahal atau enggaknya itu tergantung pesanan kalian sih. Kalau kalian pesan minuman yang campur aduk pakai ini itu ya pasti mahal. Kalau gue pesanannya pasti ice americano atau kalau lagi bokek ya brewed coffee.

Sekedar informasi, gue baru tau kalau tidak semua outlet Starbucks menyediakan freshly brewed coffee, contohnya Starbucks di Mall Centre Point.

Harga (sesuai dengan outlet):

  • Ice Americano: IDR 37.000 (venti/big)
  • Brewed Coffee: IDR 27.000 (venti/big)

 

Matador Country (Merak Jingga)

(Photo source from Matador Country’s Instagram)

Matador ini merupakan tempat nongkrong gue jaman-jaman SMA. Sebenarnya gue pernah ditanyain kenapa suka banget nulis di Matador karena tempatnya cukup sempit (outlet di jalan merak jingga). Matador dulu sempat terkenal banget karena dulu mereka satu-satunya coffee shop yang menyediakan board games, tapi beberapa tahun belakangan banyak cafe-cafe baru di Medan yang buka dan Matador pun bisa di bilang agak tenggelam diantara cafe-cafe tersebut, meskipun begitu, cafe ini masih cukup ramai kok setiap harinya. Untuk harga minumannya sendiri cukup terjangkau karena konsep Matador merupakan tempat hangout yang ramah dengan dompet. Kalau ingin minum ala-ala Starbucks tapi lagi bokek, gue sarankan untuk nyobain Matador, karena kualitas minuman mereka juga gak main-main. Dulu waktu masih SMA sih minuman kesukaan gue disini namanya “Brownie”, sejenis iced chocolate tapi coklatnya berasa banget. Kalau sekarang sih gue lebih suka kopi hitam, pengaruh umur kali ya?

Harga:

  • Ice Americano: IDR 26.000 (grande/medium)
  • Brownie: IDR 44.000 (grande/medium)

 

Downtown Coffee

(Photo source from Downtown Coffee’s Instagram)

Pertama kali gue kesini tuh karena penasaran dan kebetulan dekat banget dengan rumah. Cafe ini sih tempatnya cukup nyaman dan agak sepi padahal tempatnya bisa dikategorikan sebagai cafe gaul. Meja gue selalu di lantai 2 di sebelah jendela karena bisa ngeliat ke arah luar kalau kepala lagi mumet banget. Pesenan gue sih pastinya ice americano saat nulis buat blog atau ngerjain sesuatu di laptop, dan untuk kopinya sih enak-enak aja dan untuk suasana cafenya sih oke banget untuk nulis. Menunya juga relatif murah dibandingkan dengan cafe gaul yang ada di Medan.

Harga: Ice Americano: IDR 22.000

 

Laurence House

(Photo Source from Laurence House’s Instagram)

Gue pertama kali ke cafe ini tahun 2017 waktu masih awal-awal buka dan cafe masih cukup kecil. Karena jumlah customer yang makin banyak, maka diperluaslah cafe ini. Kalau untuk cafe satu ini, sejak awal gue pertama kali dateng sih emang gue udah suka banget, karena jarang banget ada cafe dengan konsep minimalis di kota Medan dengan harga yang sangat terjangkau. Untuk minumannya sih gue suka Thai Tea nya, dengan porsi yang cukup gede dan rasanya yang kualitas thai tea brand terkenal. Untuk yang sering laper, makanan disini juga enak-enak dan ga menguras dompet kok. Satu-satunya kelemahan cafe ini adalah terbatasnya saklar untuk colokan charger, jadi sebelum dateng kesini harus persiapkan baterai gadget kamu dulu. Kalau memang mau datang untuk kerja di laptop, duduk di daerah depan aja, ada pencahayaan alami sehingga otak juga bisa lebih fresh.

View this post on Instagram

Follow your heart ❤️💛💚, But take the coffee ☕️☕️with you . . Let's request your your 3D Art Latte, Latte art and varieties coffee art at Laurence coffee @laurencehouse . . COFFEE COFFEE COFFEE . . ☕️☕️☕️☕️ . . Let's make it happen everday at Laurence Coffee. . Located at : Laurence House Jl. Petula No.2A Medan Contact no : (+62) 085609009405 . . The place for Everyone to ENJOY Coffee . Operating hours : (Sun-thurs : 09.00 – 23.00) (Fri-Sat : 09.00 – 23.59) (Public Holiday Eve : 09.00 – 23.59) . Don't hesitate to call or DM for further enquiries. . Lot's of ❤️❤️❤️ @laurencehouse . . 📸 @wilsonkongadian . #coffee #coffeetime #coffeegasm #coffeefeature #coffee_inst #coffeeprops #baristadaily #manmakecoffee #hobikopi #anakkopi #kopi #coffeexample #fujifilm #coffeelover #coffeeaddict #PhotoOfTheDay #PicOfTheDay #webstagram #coffeefeature #instacoffee #masfotokopi #mbakfotokopi #anakkopi #coffeegram #indocoffeegram #proudofyourlocalcoffeeshop #instacoffee #proudofindonesiacoffee #brewandsip #badguyscoffee

A post shared by Laurencehouse (@laurencehouse) on

Harga:

  • Ice Thai Tea: IDR 22.000
  • Ice Americano: IDR 24.000

Nah jadi 4 tempat di atas merupakan cafe favorit gue untuk nulis di Medan, kira-kira ada tempat lainnya lagi ga yang cocok untuk nulis di Medan?

With burning curiosity,

Ferry William

Instagram: @ferry_william

Facebook: Ferry William

Twitter: @ferrywilliam

Email: ferrywilliamm@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s