6 Tips Memilih Hostel untuk Pemula

Image by Boxpackers Hostel (agoda.com)

Karena tema jalan-jalan gue adalah backpacking, gue memutuskan untuk tinggal di hostel di kota-kota yang akan gue datengin.

Hostel merupakan versi murah dari Hotel, dimana hostel lebih banyak digunakan oleh traveler yang ingin jalan-jalan sendirian, karena pembayaran hostel itu per kasur, bukan per kamar, lumayan kan dari pada tinggal di hotel yang harga semalamnya udah bisa buat nginap di hostel selama beberapa hari. 

Tipe hostel ada banyak, ada sekamar untuk 2 orang, 4 orang, 6 orang, 10 orang, bahkan 20 orang, dan harganya juga makin murah dengan jumlah kasur yang makin banyak. Dengan sekamar ramai-ramai gini juga kamu pastinya bisa kenalan dengan traveler lain dan kalau beruntung, bisa jalan-jalan bareng sesama solo traveler. Kalau minusnya hostel ya karena sekamar ramai-ramai, mungkin ada beberapa orang yang tidurnya ngorok tiap malam, jadi harus dimaklumin aja, namanya juga mau yang murah. Kamu juga harus bisa ngehargain tamu yang lain, contohnya gak boleh berisik jam berapapun itu, barang-barang jangan diberantakin dimana-mana, dan pastinya harus bisa menjaga barang pribadi.

Hostel sebenarnya sering di anggap remeh karena harganya yang murah, karena menurut kebanyakan orang sekarang ini prinsipnya ada harga = ada barang. Ya awalnya gue juga agak ragu sih, gila fasilitas sebagus itu dengan harga semurah ini? Bisa-bisa ini trik marketing dari si hostel doang? Tapi setelah ngunjungin 3 hostel selama perjalanan gue, gue menyesal baru mengenal hostel di saat-saat seperti ini. Bisa menghemat berapa banyak coba kalo selama beberapa tahun belakangan gue tinggal di hostel?

Tips-tips gue dalam memilih hostel sih simpel banget,

1. Baca review hostel terlebih dahulu, karena dari review yang ditinggalkan tamu-tamu sebelumnya kita bisa menilai apakah hostel tersebut layak atau tidak untuk ditinggali.

2. Tiap kasur harus ada jarak kurang lebih untuk 2 orang selojoran di lantai, ga nyaman banget kalau kasurnya nempel semua kanan kiri, apalagi kalau ada suara-suara yang ga mengenakkan. Sebenarnya bisa diatasi sih dengan menggunakan ear plug, tapi ya rasanya kurang nyaman aja kalau tidur dengan ganjalan di telinga.

Hostel Folks, Bratislava.jpg
Ini ruangannya mantap banget. Hostel Folks, Bratislava. Image by hostelfolks.com

3. Harus ada tirai atau partisi yang bisa nutupin sekeliling bed, jadi seperti punya ruangan pribadi. Soalnya gue orangnya gak nyaman kalau lagi tidur diliatin orang-orang, dan gak bisa tidur kalau ruangannya terang, sedangkan kalau di hostel pasti ada aja yang baru balik ke hostel tengah malam, atau subuh, dan yang pertama kali mereka cari pastinya tombol lampu kamar dong,

Image by Boxpackers Hostel (agoda.com)
Image by Boxpackers Hostel (agoda.com)

4. Tiap bed punya lampu dan tempat colokan sendiri di dalamnya. Ini penting banget loh apalagi yang suka baca buku tiap malem ataupun ngerjain kerjaan di laptop sebelum tidur.

Beart Best Hostel, hotels.com sg
Beary Best Hostel, Image by hotels.com SG

5. Punya tempat penyimpanan tas yang cukup besar. Karena gue pernah ngedapatin tempat penyimpanan yang ukurannya kecil banget, cuma bisa buat masukin ransel kecil. Oh iya, jangan lupa untuk bawa gembok kecil ya, karena kebanyakan hostel masih pakai sistem manual, jadinya harus pakai gembok sendiri.

airasiago.jpg
Loker elektronik dari My Studio Hostel Surabaya, Image by airasiago.com

6. Harus ada common area atau area tempat duduk-duduk dan nongkrong, karena dari sinilah tamu bisa kenalan dengan tamu lain, nemuin temen baru, dan ngetrip bareng.

Hostel Urby (Agoda)
Salah satu hostel yang common areanya keren banget, Hostel Urby Image by Agoda.com

Itu aja sih tips dari gue, kira-kira apa lagi yang penting dari sebuah hostel ya?

With burning curiosity,

Ferry William

Instagram: @ferry_william

Facebook: Ferry William

Twitter: @ferrywilliam

Email: ferrywilliamm@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s