Candi Borobudur: Tips For Sunrise Hunter

Candi Borobudur memiliki paket sunrise dan sunset yang cukup banyak diminati oleh turis domestik dan mancanegara, yang dimana kedua paket tersebut ditawarkan oleh Manohara Hotel selaku satu-satunya hotel yang memiliki akses langsung menuju Candi Borobudur.

DSCF4313.jpeg
Pemandangan dari dalam Candi Borobudur

Harga tiket masuk Sunrise Tour dan Sunset Tour dari Manohara Hotel:

  • Dewasa:
  1. International Tourist: Rp 475.000 per person
  2. Domestic Tourist/KITAS holder: Rp 350.000 per person
  • Anak-Anak (6 – 10 tahun):
  1. International Tourist: Rp 250.000 per person
  2. Domestic Tourist/KITAS holder: Rp 185.000 per person

Harga tiket masuk Reguler (06.00 – 17.00):

  • Dewasa:
  1. International Tourist: USD 20 per person
  2. Domestic Tourist/KITAS holder: Rp 30.000 per person
  • Anak-Anak (6 – 10 tahun):
  1. International Tourist: USD 10 per person
  2. Domestic Tourist/KITAS holder: Rp 12.000 per person

**Anak umur 6 tahun kebawah gratis, harga dapat berubah sewaktu-waktu.

Pertanyaannya, kenapa mahal banget Sunrise Tour-nya? Ya sebenarnya Sunrise Tour itu adalah paket wisata yang disediakan oleh Manohara Hotel yang terletak persis disebelah Candi Borobudur dan memiliki akses langsung untuk masuk ke kawasan Candi Borobudur. Karena Manohara Hotel merupakan satu-satunya pihak yang memiiki super power seperti itu, jadinya gak salah juga sih untuk hotel tersebut menetapkan harga segitu, lagian sudah termasuk free breakfast dan souvenir juga kok dan kamu juga bisa menjadi pengunjung pertama yang masuk ke Borobudur di hari tersebut, bisa dipastikan pemandangannya pasti bagus banget dengan Borobudur dikelilingi kabut, dan perlahan-lahan disinari matahari pagi.

Karena jarak Yogyakarta ke Magelang yang memakan sekitar 1 jam, 

Untuk kalian yang gak memiliki transportasi dan gak mau repot, ada banyak banget tur yang menjual paket wisata sunrise di Candi Borobudur, dijemput langsung dari hotel/hostel, tinggal naik ke bus trus cabut deh, tapi pastinya dengan harga yang lebih mahal dan ada durasi waktunya.

Untuk yang datangnya bareng temen-temen, mending sewa mobil aja untuk kesini, apalagi jalanannya juga cukup bagus dan sudah terdaftar di google map, jadi gak bakalan nyasar deh, udah gitu bisa kulineran di kota Magelang lagi sehabis menikmati Candi Borobudur, atau pergi mengunjungi Candi Mendut yang letaknya cukup dekat dengan Candi Borobudur.

Untuk yang datang sendirian, naik motor juga bisa kok. Gue saranin untuk nanya-nanya ke resepsionis hotel atau hostel tempat kalian menginap, biasanya pasti ada juga tuh solo traveler lainnya yang lagi nyari temen untuk berangkat bareng, lumayan kan bisa share biaya transportasi dan gak bakalan bosen selama perjalanan.

Terakhir, Untuk yang mau menikmati sunrise Candi Borobudur tapi budgetnya ga memungkinkan? Jangan takut! Ada juga paket ekonomis seharga Rp 15.000 per orang untuk melihat sunrise Candi Borobudur dari Bukit Punthuk Setumbu. Bukit ini terletak sekitar 15 menit dari Candi Borobudur dan merupakan lokasi yang cukup populer untuk melihat sunrise dari kejauhan. Disarankan kalian harus sudah sampai disini pukul 5 pagi untuk menikmati sunrise-nya.

hipwee.com.jpg
Beginilah kira-kira pemandangan dari atas Bukit Puthuk Setumbu. Image by www.hipwee.com

Beberapa orang yang membaca bagian ini sepertinya bakalan ketakutan ya apalagi ngeliat tulisan “Bukit”? Ga usah takut kok, Bukit ini bisa dinaiki dengan mobil hingga area parkir yang tersedia di atas, tapi untuk naik ke lokasi yang paling strategis, tetap harus trekking 15 menit sih, tapi bakalan terbayar dengan pemandangannya yang bagus banget.

Itu aja deh tips penting gue saat ini, kira-kira ada yang kurang gak?

With burning curiosity,

Ferry William

Instagram: @ferry_william

Facebook: Ferry William

Twitter: @ferrywilliam

Email: ferrywilliamm@gmail.com

One thought on “Candi Borobudur: Tips For Sunrise Hunter”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s