Candi Borobudur: Nyari Sunrise, Dapatnya Pelangi

Sesampainya di Yogyakarta dan beberes, waktu sudah menunjukkan pukul 7 malam. Jauh sebelum sampai di Jogja, gue udah bikin janji untuk ketemuan dengan Debora, temen gue sewaktu kuliah di Malaysia, yang secara tidak sengaja, gereja yang dia kunjungi terletak tepat dibelakang hostel yang gue tempatin.

Setelah mengobrol banyak tentang kehidupan setelah lulus kuliah, kami mulai membicarakan topik yang lebih penting, rencana untuk melihat sunrise di Candi Borobudur. Sebenarnya sih kami udah merencanakan ini sejak beberapa minggu yang lalu, dan Debora juga mencoba untuk mengajak teman-temannya di Jogja untuk gabung karena kurang seru ajak kalau berdua doang, yang akhirnya memperkenalkan gue ke Ririn, temennya Debora yang jago banget main basket sampai di kirim ke US dan sedang menempuh program magister di UGM jurusan Hukum. Wagelaseh! Kami lalu memutuskan untuk berangkat pukul 3 pagi karena jadwal Sunrise Borobudur dimulai pukul 4.30 pagi.

Memang dasarnya anak muda masa kini, sepertinya kalau gak telat itu seperti kurang greget. Waktu berangkat yang sudah diputuskan pukul 3 pagi pun akhirnya molor menjadi pukul 4. Dan parahnya lagi, kami disambut dengan hujan deras yang membuat kami sedikit ragu dengan “Sunrise Tour” yang sudah diidamkan berminggu-minggu lalu.

Sesampainya di Manohara Hotel pukul 5 pagi (udah telat banget), kami agak sedikit senang karena melihat tanda-tanda hujan yang mulai reda, tapi nyari lobby Manohara Hotel aja setengah jam cuy! karena keadaan sekitar Hotel Manohara yang cukup gelap dan luas banget, nyasar di jalan sih wajar ya, ini nyasarnya di dalam kawasan hotel. Alhasil pukul 5.30 baru bisa nemuin parkir.

Disini kami bertiga udah mulai ragu, karena berdasarkan aplikasi dan baca-baca review di website sih, pukul 5.11 gitu sudah bakalan mulai matahari terbit, tapi keadaannya malah masih gelap banget dan hujan gerimisnya masih belum berhenti. Setelah berdiskusi selama beberapa saat, ketiga para pencari sunrise ini akhirnya menyerah dan memutuskan untuk menunggu sampai jam 6 pagi dan masuk lewat pintu reguler. Kayak lagi kena prank di tv-tv, gue bangun jam 2 pagi dong demi lihat sunrise 😐

Kami langsung keluar dari kawasan Manohara Hotel dan menuju ke kawasan pintu masuk utama Candi Borobudur. Pukul 5.55 pagi, cukup senang karena keadaan sudah cukup cerah tapi masih disertai gerimis kecil. Kami pun mengantri di depan pagar yang masih tertutup rapat, layaknya lagi ngantri beli sepatu kekinian terbaru, tapi bedanya yang ngantri sekarang cuma bertiga.

Jam bukanya agak meleset karena pagar baru dibuka pukul 6.10 pagi, maklum lah detail banget karena kita udah nungguin dari jam 2 pagi kan, kurang tidur lagi. Proses pembelian tiket ternyata gampang banget dengan loket turis domestik dan turis internasional dibedakan agar lebih praktis, dan gak boleh bawa makanan ya! Tapi bisa dititipkan kok dan baru diambil nanti setelah keluar. Kalau minuman monggo silahkan masuk!

djlOnhhxRVKo%GWfnXzWaw_thumb_1b0c

Karena kondisi hujan yang mulai deras lagi, kami menyewa payung dari bapak-bapak penyewa  payung di dalam seharga Rp 10.000 dan bisa dipakai sepuasnya sampai nanti selesai. Lumayan bisa di pakai juga kalau panas matahari mulai terik.

DSCF4313Awalnya sih gue pikir nih pemandangan bakalan bocor banget karena hujan deras, becek, dan mendung gelap gini, eh tapi sesampainya di depan Candi Borobudur yang megah itu, ternyata pendapat gue salah besar, dan yang paling keren, gue di sambut oleh 2 pelangi sekaligus. Setelah sekian banyak halangan, ada hadiahnya lagi nungguin persis di depan Candi Borobudur.

Kombinasi awan mendung dan double pelangi, kerennya juga double!

Udah bayar harga reguler, dapat pemandangan sebagus ini. Ternyata yang indah-indah itu harus ngelewatin rintangan dulu.