Tips Cara Membeli Mobil di Tasmania, Australia

Jadi, ketika gue memutuskan untuk tinggal di Devonport, Tasmania, gue juga memutuskan untuk membeli mobil, karena setelah mendengar dari teman-teman disana, kerja di farm itu mulainya pagi-pagi buta banget dan lokasi pekerjaan farm bisa saja berjarak puluhan km jauhnya dan transportasi publik juga sangat terbatas di Tasmania. Bahkan beberapa farm mengharuskan para pekerja untuk memiliki mobil sebagai syarat untuk melamar pekerjaan.

Nyari mobil second di Tasmania itu juga susah-susah gampang karena ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan dulu sebelum beli. Nah gue akan ngasih tau langkah-langkahnya beserta tips penting biar ga ketipu waktu beli mobil, intinya sih jangan ketipu sama tampilan luarnya yang mengkilap.

Cari mobil dimana?

Sebelum membeli mobil, kamu bisa melakukan imspeksi terlebih dahulu, saran gue sewaktu inspeksi, minta mereka untuk membawa RWC (Roadworthy Certificate), Clear Title, dan masa berlaku REGO mobil.

Roadworthy Certificate (RWC) ini adalah sertifikat yang menyatakan apakah mobil ini layak atau tidak untuk dipakai di jalanan. Biasanya RWC berlaku selama 2 bulan setelah tanggal terbit, atau 2000km setelah tanggal terbit. Lebih dari itu, RWC nya sudah tidak berlaku lagi. 

Clear Title ini sih sebenarnya gak gitu penting sih, cuma bukti bahwa pembayaran cicilan mobil telah dilunaskan oleh pemiliknya, untuk mobil tua sih gak gitu penting, tapi kalau kamu pengen beli mobil keluaran terbaru, wajib ya!

Nah kalau REGO ini adalah nomor registrasi kendaraan, semacam STNK kalau di Indonesia. Nantinya REGO ini harus diperpanjang setiap 3 atau 6 bulan sekali, tergantung kamu mau pilih yang mana. Saran gue sih beli mobil yang sudah ada REGO-nya untuk beberapa bulan kedepan, jadi kamu gak perlu repot-repot perpanjang REGO lagi. Masa berlaku REGO ini juga bisa di periksa secara online disini https://www.ppsr.gov.au/vehicle-registration-number.

Beberapa hal yang harus kamu cek ketika melakukan inspeksi mobil:

  1. Catat nomor plat mobil (Cek online apakah mobil tersebut terdaftar atau tidak, disini),
  2. Cek goresan pada badan mobil,
  3. Cek pendingin dan pemanas mobil, sebenarnya lebih penting pemanas karena Tasmania itu dingin banget apalagi di musim gugur dan musim dingin,
  4. Cek apakah ada kunci cadangan, kemaren sih waktu gue beli mobil gue dapat 3 kunci cadangan,
  5. Cek dashboard, apakah jumlah kilometer sesuai dengan yang dikatakan penjual, apakah mobil sudah di service atau belum, dan apakah semua lampu di dashboard berfungsi dengan benar,
  6. Cek aki mobil, untuk yang satu ini, gue saranin untuk bawa mobilnya ke Autobarn untuk di check apakah aki-nya masih berfungsi dengan baik atau udah soak. Jangan khawatir, untuk menge-check aki mobil itu gratis kok di Autobarn, dan kalau aki-nya bermasalah, bisa langsung beli aki baru disana dan sering ada diskon untuk perkakas mobil. 
  7. Cek semua lampu di dalam dan luar mobil, kan kacau kalau lampu sein-nya ternyata rusak,
  8. Cek ban mobil dan apakah ada ban cadangan,
  9. Cek bagasi mobil apakah ada kerusakan atau ada barang-barang gak jelas,
  10. Cek oli mobil,
  11. Kalau kamu di daerah Devonport dan butuh bantuan mekanik yang lebih ngerti tentang mobil, saran landlord gue yang baik banget sih boleh dibawa ke Tyre Solution, karena kebanyakan penduduk di Devonport pasti nge-check mobil disana dan mekaniknya udah terpercaya banget, tapi gak gratis ya! Mungkin harus bayar sekitar 100-200 dollar,
  12. Test Drive! Penting banget karena harus terbiasa dengan mobilnya, dan sekalian bisa minta diajarin tentang peraturan lalu lintas di Australia. 

Dokumen-dokumen yang diperlukan untuk membeli mobil di Australia:

  1. SIM Internasional, SIM Indonesia yang sudah di terjemahkan ke Bahasa Inggris, atau SIM Australia,
  2. Alamat tetap di Australia,
  3. Passpor dan Visa,
  4. Uang!

Nah berdasarkan pengalaman gue kemarin, gue nemuin mobil Holden Commodore 2004 lewat aplikasi Gumtree, dan karena menurut gue harganya juga cocok, jadi hari itu juga gue langsung hubungin penjualnya. Kebetulan karena mobilnya memiliki sedikit retakan di side mirror sebelah kanan, maka gue pun meminta harga yang lebih murah dan ternyata pemiliknya setuju, jadi harga mobilnya masih bisa di tawar ya, jangan malu-malu buat ditawar, soalnya kebanyakan orang yang jual mobilnya itu pasti anak-anak WHV kayak kita yang entah masa visanya udah mau habis dan mau balik ke negara masing-masing, atau udah cukup kerja di farm dan pengen pindah ke mainland Australia dan ga mau bawa mobilnya kesana.

Setelah menawarkan harga yang sudah disetujui kedua belah pihak, gue pun menentukan jadwal inspeksi dan penjualnya pun datang membawa mobilnya ke tempat gue. Tiap penjual berbeda-beda ya, ada yang akan memintamu datang ke tempat mereka, ada yang akan datang ke tempat kamu, dan ada yang akan meminta untuk bertemu di lokasi tertentu. 

Nah setelah gue periksa keadaan mobilnya, gue pun melakukan test drive di sekeliling kota Devonport, dan ternyata disini penduduknya taat peraturan banget dan menurut gue kalau diterapin di Indonesia sih amat sangat membantu untuk mengurangi macet, tapi ya pasti chaos karena kebrutalan para pengemudi di negara +62. 

Setelah test drive, karena gue udah deal dengan penjualnya, jadinya gue nganterin penjualnya pulang dan sekalian mengisi dan menandatangani dokumen untuk balik nama (Change of Ownership Name). Akan ada 2 dokumen yang harus di submit agar pemindahan nama sukses, 1 oleh penjual dan 1 oleh pembeli. Nah setelah dokumen ini gue isi dan tanda-tangani, penjualnya harus men-submit dokumen balik nama tersebut ke Department of Transport di Service Tasmania. 

Nah tiap-tiap daerah itu berbeda ya, kalau di Tasmania itu Service Tasmania, Sydney itu Service NSW, di Melbourne itu Service Victoria, dsb. 

Setelah si penjual berhasil men-submit dokumen tersebut, maka nama pemilik mobilnya pun sudah menjadi nama gue, tapi, ada satu dokumen yang harus gue submit juga SETELAH pemilik sebelumnya men-submit dokumen balik nama, biasanya dokumen tersebut akan di provide oleh penjual ketika kamu selesai mengisi dan menanda-tangani dokumen balik nama, jadi kamu hanya perlu mengambilnya dari sang penjual dan membawa dokumen tersebut ke Service Tasmania juga untuk submit, dan gue harus membayar sejumlah uang sekitar beberapa persen dari harga mobil yang gue beli (gue bayar sekitar 82.5 AUD). Inget ya, dokumen kamu baru boleh di submit SETELAH penjual mobilnya sudah men-submit dokumen balik nama.

Nah untuk men-submit dokumen sebagai pemilik baru, gue harus membawa beberapa persyaratan:

  1. SIM Internasional, SIM Indonesia yang sudah di terjemahkan ke Bahasa Inggris, atau SIM Australia,
  2. Kartu Debit/Credit Australia,
  3. Bukti alamat tetap di Australia (gue pakai dokumen yang di provide oleh bank Australia karena ada alamat gue yang tercantum disana), 
  4. Passpor dan Visa,
  5. Uang!

Pengalaman gue juga gak se-halus yang gue bayangin sih, ketika gue udah beli mobil tersebut, besoknya mobilnya gak bisa nyala sama sekali, padahal semua lampu dan heater udah gue matiin. Untungnya landlord gue yang amat sangat baik hati langsung nelpon temennya untuk dateng dan bantuin periksa mobilnya, padahal waktu gue nelpon, landlord gue lagi kerja di kantornya. Dari sinilah gue belajar banyak tentang pentingnya memeriksa mobil sampai ke ujung-ujungnya dan gue juga dikenalin ke Autobarn dan Tyre Solution oleh temannya landlord yang juga sangat baik. 

Masalah lainnya adalah mobil yang gue beli ternyata sensitifnya minta ampun. Entah berapa kali alarm mobilnya nyala sendiri padahal ga di apa-apain, gue sih cuma bisa doa dan minta tolong ke mobilnya agar ga berisik, apalagi kalau malem-malem, kan serem… 

Check-list yang gue tulis di atas itu murni belajar dari pengalaman gue sendiri selama di Tasmania, karena waktu gue beli mobilnya ini gue ga check secara detail dan ternyata lihat apa yang terjadi.

Ada lagi gak yang menurut kalian penting?

With burning curiosity,

Ferry William

Instagram: @ferry_william

Facebook: Ferry William

Twitter: @ferrywilliam

Email: ferrywilliamm@gmail.com

2 thoughts on “Tips Cara Membeli Mobil di Tasmania, Australia”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.